cover
Contact Name
Darnoto
Contact Email
darnoto@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20883102     EISSN : 2548415X     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2016)" : 7 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBAHASA JAWA MELALUI MEDIA WAYANG SUKET PADA SISWA KELAS V SDN 4 TARUMAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN Pur Wito
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.591

Abstract

This study is based on the fact that the quality of the learning process in the elementary school class 4 Taruman UPTD Education in Toroh subdistrict, Grobogan District. This is due to the fact that Elementary school class teachers are more oriented towards achieving material targets and are pursuing value targets, which tend to ignore the quality of the learning process. Assessment techniques that used more test techniques are more likely to measure the realm of cognitive, moderate. non-test assessment techniques can more comprehensively measure learning outcomes tends to be overlooked. The problem is expected to be overcome through counseling teachers through academic supervision in implementing teaching management, from planning, implementation of teaching and learning process, to evaluation. The purpose of this research is to improve the performance of elementary school classroom teachers in the management of learning in primary school education 4 Taruman UPTD Toroh Grobogan subdistrict. This research method is by action research (action research) which executed with two cycles. The results showed an increase in the performance of teachers to start early before the action amounted to 58.3% (medium category), after cycle I to 70.8% (high category), and after the second cycle increased to 80.3% (high category) .Based on the results of the above action research can be concluded Academic supervision through individual guidance conducted by the principal of teachers to improve the performance of elementary school teachers in SD Negeri 4 Taruman UPTD Toroh District education Grobogan District, in the management of learning both aspects of learning planning, abilities of teachers in learning.. Penelitian ini bertolak dari kenyataan rendahnya mutu proses pembelajaran pada kelas Sekolah Dasar Negeri 4 Taruman  UPTD Pendidikan kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Hal ini disebabkan adanya guru-guru kelas sekolah Dasar lebih berorientasi pada pencapaian target materi dan lebih mengejar target nilai, sehingga cenderung mengabaikan mutu proses pembelajaran. Teknik penilaian yang digunakan lebih banyak teknik tes yang lebih memiliki kecenderungan mengukur ranah kognitif, sedang. teknik penilaian non tes yang lebih dapat mengukur hasil belajar secara komprehensif cenderung masih diabaikan. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pembimbingan terhadap guru melalui supervisi akademik dalam melaksanakan pengelolaan pengajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas sekolah dasar dalam pengelolaan pembelajaran pada SD Negeri 4 Taruman  UPTD pendidikan kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru mulai  awal sebelum tindakan sebesar 58,3% (kategori sedang), setelah tindakan siklus I menjadi 70,8% (kategori tinggi), dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 80,3% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan Supervisi akademik melalui pembimbingan individu yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dapat meningkatkan kinerja guru kelas sekolah dasar pada SD Negeri 4 Taruman  UPTD pendidikan kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, dalam pengelolaan pembelajaran baik aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta abilitas guru dalam pembelajaran. Kata kunci: Supervisi  akademik, Peningkatan, Kinerja GuruKeywords: Academic Supervision, Improvement, Performance of teachers 
PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA SEKOLAH DASAR Sri Wahanani
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.592

Abstract

 The purpose is achieved in this research is to describe the approach of cooperative learning STAD model on the learning process Civics, to describe the impact of the learning model cooperative learning model of STAD in teaching civics of the higher institutions of the state in the government structure the central level for students of fourth grade Negeri 2 KandangrejoKlambu District Grobogan Regency in the 1st semester of 2015/2016. The research was conducted in grade IV of State Elementary School 2 KandangrejoKlambu Sub-District Grobogan District. The number of students in grade IV is 25 students, consisting of 13 men and 12 women. Implementation of improvement in two cycles, each cycle through planning, implementation, observation, and reflection. The implementation schedule of each cycle is for Cycle I on Monday, September 14, 2015 and October 19, 2015 with a time allocation of 4 x 35 minutes (2 x meetings). Cycle II on Monday, October 26, 2015 and 2 November 2015 with a time allocation of 4 x 35 minutes (2 x meetings). In cycle I there are 18 students who got the value of complete or 72%. In cycle II, there are 23 students from 25 students got the value of complete or 92%. Not all students complete and there are still two students who have not completed, this is because students' cognitive abilities are slow. The conclusion of this research is the application of STAD Cooperative Learning learning model is very effective to increase students' courage in opinion, enable students in discussion, and understanding and mastery of students to the material. the use of real learning media can emrangsang thoughts, feelings, concerns, and the willingness of students so that they can motivate student learning. Keywords: Cooperative Learning, Model STAD, Learning outcomes Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan Cooperative Learning model STAD pada proses pembelajaran PKn dan pengaruhnya terhadap pembelajaran PKn tentang lembaga-lembaga tinggi negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Kandangrejo Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan pada semester 1 tahun 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kandangrejo Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Jumlah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan.Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun jadwal pelaksanaan masing-masing siklus adalah untuk Siklus I pada hari Senin, tanggal 14 September 2015 dan 19 Oktober 2015 dengan alokasi waktu 4 x 35 menit (2 x pertemuan). Siklus II pada hari Senin, tanggal 26 Oktober 2015 dan 2 November 2015 dengan alokasi waktu 4 x 35 menit (2 x pertemuan).Pada siklus I ini terdapat 18 siswa yang mendapat nilai tuntas atau 72 %. Pada siklus II ini terdapat 23 siswa dari 25 siswa mendapat nilai tuntas atau 92%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning STAD sangat efektif untuk meningkatkan keberanian siswa dalam berpendapat, mengaktifkan siswa dalam diskusi, serta pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi. Kata kunci: Cooperative Learning, Model STAD, Hasil Belajar
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BERBAHASA JAWA MELALUI NONTON BARENG KETHOPRAK PADA ANAK SEKOLAH DASAR umi Khomsanah
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.593

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of learning with nobar strategy (watch together) kethoprak art to improve the ability of learners in practice of speaking in Javanese language with pronunciation, intonation, and proper expression of students of class VI SD Negeri 2 Taruman Year 2015/2016. This research was conducted in SDN 2 Taruman in semester 1 of academic year 2015/2016 or in August - October 2015 The subject of research is 19 students of Class VI. The method used in this research is a classroom action research method by going through three cycles of action. Each cycle consists of four stages of planning, action, observation, and reflection. Data analysis used in this study using comparative descriptive analysis that is by comparing the value of the initial test results, the first cycle, the second cycle and the third cycle. In the results of research and discussion of the problem the authors write a general description of the location of research, the implementation of research both cycle I, II and cycle III, the results of research cycle I, II and cycle III, and discussion. The result of the development of mastery learning in Cycle I of 56.5%, the second cycle of 66%, 78% the third cycle. From the data analysis conducted in this study obtained a conclusion, learning Java language through the strategy of watching traditional art (ketoprak) can improve students' speaking ability in understanding the meaning of word / sentence in Javanese language. Keywords: Ability Speech, Javanese, Kethoprak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi nobar (nonton bareng) seni kethoprak untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan praktek berbicara berbahasa Jawa dengan lafal, intonasi, dan ekpresi yang tepat siswa kelas VI   SD Negeri 2 Taruman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Taruman dengan Subyek penelitian sebanyak 19 siswa Kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas melalui tindakan sebanyak tiga siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu membuat perencanaan, melakukan tindakan, mengadakan pengamatan, dan melakukan refleksi.Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai hasil tes awal, siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga. Hasil penelitian dan pembahasan dipaparkan melalui gambaran umum lokasi penelitian, pelaksanaan penelitian baik siklus I, II dan siklus III, hasil penelitian siklus I, II dan siklus III, dan pembahasan. Hasil perkembangan ketuntasan belajar pada Siklus I 56, 5%, Siklus II 66 %, siklus III 78 %. Dari Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Jawa melalui penerapan strategi nonton bareng seni tradisional (ketoprak) meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam memahami makna kata/kalimat dalam bahasa Jawa. Kata Kunci: Kemampuan berbicara, Berbahasa Jawa, Kethoprak. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMPAN PINJAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERBAHASA JAWA Bambang Suprayitno
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.588

Abstract

The purpose of this research is generally to improve the writing skill of Javanese language in grade V students SDN 1 Taruman Klambu Grobogan District Semester 1 Year 2015/2016. In specific aims to describe the application of savings and loan learning model in teaching essay writing Java language. The study was conducted over three months from August to October 2015. Subjects were seventeen students. This research method consists of: 1) The type of qualitative research is often called naturalistic research methods because the research is done on natural conditions. Design research through classroom action research designed in two cycles. 2) Research location at SD Negeri 1 Taruman Klambu Grobogan. 3) Data collection is conducted by in-depth interviews, observation, and assessment documents. 4) The data obtained in this study essentially tangible words, sentences or paragarafs, and expressed in the form of narrative that is descriptive. 5) Analysis technique used in this research is descriptive analysis. 6) The validity of the data by means of triangulation of sources and methods. Performance indicator is the increasing of writing skill in Javanese language by 75%. The results showed that based on the data analysis undertaken in this study obtained a conclusion that by applying the learning model Savings and Loan to Improve Writing Skills Javanis languge at Student Class V SDN 1 Taruman Klambu Grobogan 1st Semester Year 2015/2016.Keywords: Model of savings and loan learning, learning outcomes, writing skills Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan berbahasa jawa pada siswa kelas V SDN 1 Taruman  Klambu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun 2015/2016. Secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan  penerapan model pembelajaran simpan pinjam dalam pembelajaran menulis karangan berbahasa Jawa. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Agustus sampai Oktober 2015. Subjek penelitian sebanyak tujuh belas siswa. Metode penelitian ini terdiri dari: 1) Jenis penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Desain penelitian melalui penelitian tindakan kelas yang didesain dalam dua siklus. 2) Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Taruman Klambu Grobogan. 3) Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan pengkajian dokumen. 4) Data yang diperoleh dalam penelitian ini pada hakikatnya berwujud kata-kata, kalimat-kalimat atau paragaraf-paragaraf, dan dinyatakan dalam bentuk narasi yang bersifat deskriptif. 5) Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. 6) Validitas Data dengan cara triangulasi sumber dan metode. Indikator kinerja adalah meningkatnya keterampilan menulis karangan berbahasa jawa sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini diperoleh suatu simpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Simpan Pinjam dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Berbahasa Jawa Pada Siswa Kelas V SDN 1 Taruman  Klambu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun 2015/2016.Kata kunci: Model pembelajaran simpan pinjam, Hasil belajar, Keterampilan menulis 
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGELOLA PEMBELAJARAN PAIKEM MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN NON DIRECTIF Usman Usman
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.594

Abstract

The purpose of this study is to determine whether through the application of individual academic supervision with a non-directive approach can improve the competence of learning management PAIKEM for teachers SD Negeri 3 Kandangrejo UPTD Education District Klambu Grobogan District. This research was conducted on the subject of all the teachers of the State Elementary School 3 Kandangrejo UPTD Education District Klambu Grobogan District Year lesson 2016/2017. The method used in this research is the school action research. Action Risearch consists of two cycles, one cycle of an individual supervision with non-directive approach while two cycles of individual supervision with non-directive approach. Data collection techniques used are non-test techniques. The instrument used is an observation and assessment sheet. Validation of data using triangulation of sources involving teachers of SD Negeri 3 Kandangrejo. Data analysis used is descriptive analysis followed by reflection. The results of this school research is through the application of individual academic supervision with a non-directive approach can improve the competence of managing PBM PAIKEM of 17.9% from the average of 64 to 78, resulting in the increase of category C into B in the management of PBM PAIKEM for teachers SD Negeri 3 Kandangrejo UPTD Education District Klambu Grobogan District. Keywords: Individual Academic Supervision, PAIKEM, Non Directif Approach.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan supervisi akademik individu dengan pendekatan non direktif dapat meningkatkan kompetensi pengelolaan pembelajaran PAIKEM bagi guru SD Negeri 3 Kandangrejo UPTD Pendidikan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian semua guru SD Negeri Negeri 3 Kandangrejo UPTD Pendidikan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Action Risearch ini terdiri dari dua siklus, siklus satu merupakan supervisi individual dengan pendekatan non direktif sedangkan siklus dua supervisi  individu dengan pendekatan non direktif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber yang melibatkan guru SD Negeri 3 Kandangrejo. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi akademik individual dengan pendekatan non direktif dapat meningkatkan kompetensi mengelola PBM PAIKEM sebesar 17,9 % dari rerata 64 menjadi 78, sehingga terjadi peningkatan kategori C menjadi B dalam pengelolaan PBM PAIKEM bagi guru SD Negeri 3 Kandangrejo UPTD Pendidikan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Kata Kunci : Supervisi, Paikem, Pendekatan non directif.
KOMUNIKASI POSITIF SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PENYERAPAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI Anita Afrianingsih
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.589

Abstract

Language as a means of education is very important to develop the nature, sika, and character of early childhood. The choice of words and the style of language used in communication can provide psychological effects to children because they are very unique, egocentric and sensitive personalities. This article places on the use of positive communication used by educators as well as parents to communicate with children. After critically discussing inappropriate words, phrases and sentences for early childhood, articles suggest words, phrases, and sentences (positive language) that can have a positive effect on their development. To conclude the discussion, recommend certain words, phrases, and sentences to avoid and minimize the use of negative language komusikasi with more optimal.. Keywords: Positive Communication, Language, and ChildhoodBahasa sebagai sarana pendidikan sangat penting untuk mengembangkan sifat, sika, dan karakter anak usia dini. Pilihan kata dan gaya bahasa yang digunakan dalam komunikasi dapat memberikan efek psikologis kepada anak-anak karena mereka sangat adalah pribadi yang unik, egosentris dan sensitif. Artikel ini menempatkan pada penggunaan komunikasi positif yang digunakan oleh pendidik maupun orangtua untuk berkomunikasi dengan anak-anak. Setelah dibahas secara kritis kata-kata yang tidak pantas, frase, dan kalimat untuk anak-anak usia dini, artikel mengusulkan  kata-kata, frase, dan  kalimat (bahasa positif) yang dapat memberikan efek positif bagi perkembangan mereka. Untuk menyimpulkan diskusi, merekomendasikan kata-kata tertentu, frase, dan kalimat untuk menghindari dan meminimalisir penggunaan komusikasi bahasa negatif dengan lebih optimal. Kata kunci: Komunikasi Positif, Bahasa dan Anak Usia Dini
BERMAIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Naili Rohmah
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v13i2.590

Abstract

 Playing is a basic right of early childhood. It is an activity of self-expression without coercion with feelings of pleasure. In early childhood, playing can provide many benefits to childrens’ development. The benefits can develop the moral, motoric, cognitive, language, and social development of children. The benefits of playing is not only felt when being done with a group of friends, but playing alone can also provide benefits for young children early. Certainly knowing the benefits of playing will add a reference for stakeholders in early childhood to insert elements of education in every child's play activities. Unwitting children, play activities that children do can provide an assessment to educators or parents. On what stage will the development of the child stop? The assessment, can be seen when children are engrossed in play and unnoticed by the children that they are being observed of their growing process. Keywords: Play, Growth, Early ChildhoodBermain adalah hak dasar anak usia dini. Bermain merupakan kegiatan mengekspresikan diri tanpa paksaan dengan perasaan senang. Pada anak usia dini, bermain dapat memberikan banyak manfaat terhadap perkembangannya. Adapun manfaat bermain dapat mengembangkan aspek moral, motorik, kognitif, bahasa, serta perkembangan sosial anak. Manfaat bermain tidak hanya dirasakan ketika dilakukan bersama sekelompok teman, namun bermain sendiri juga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anak usia dini. Tentu dengan diketahuinya manfaat bermain akan menambah referensi bagi stakeholder di kalangan PAUD untuk menyisipkan unsur edukasi dalam setiap kegiatan bermain anak. Tanpa disadari anak-anak, kegiatan bermain yang anak-anak lakukan dapat memberikan suatu penilaian kepada pendidik atau orangtua. Sampai ditahap manakah perkembangan anak tersebut? Penilaian tersebut, dapat dilihat ketika anak-anak sedang asyik bermain dan tanpa disadari oleh anak bahwa ia sedang diamati proses tumbuh kembangnya. Kata kunci: Bermain, Perkembangan, Anak Usia Dini

Page 1 of 1 | Total Record : 7